1.
METODE TELADAN
Yesus mengajar melalui hidup-Nya.
Yesus mengajar dengan cara memberi teladan. Yesus mengajar dengan cara
mensharingkangayahidup-Nya. Yesus mengajar dengan cara menunjukkan hubungannya
dengan Bapa/ membagikan hidup-Nya
- Salah satu contoh saja : Yesus tidak mengenal lelah…berjalan berkeliling di seluruh Galilea (Mat 4:23), murid-murid-Nya melihat keseharian yang seperti itu.
- Lemah Lembut dan Rendah Hati (Mat 11:29-30)
- Dia mau berbicara pada orangSamaria(Yohanes 4)
- Doa Yesus pada Bapa (Mat 11: 25)
- Yesus bangun pagi dan berdoa (Markus 1:35)
- Yesus mengajar melalui membangun hubungan dengan murid-Nya (Yoh 21:15)
- Yesus mengajar dengan cara menegur murid-Nya (Mat 16:23)
- Yesus mengajar dengan cara start dari cara berpikir murid-Nya (Yoh 20;29)
- Yesus mengajar dengan cara memberi pujian ( Mat 8:10, mat 16:17)
- Yesus membangun persahabatan
- Yesus memberi warning/ peringatan pada murid-murid-Nya ( Mat 7:15-23), mengecam (Mat 11:20-24)
- Yesus mengajar dengan cara memberi kata-kata penguatan ( Mat 10:28-31)
- Yesus mempersiapkan 3 orang murid dengan porsi lebih, mengajak mereka bertiga dalam beberapa event yang tidak diikuti murid lainnya, karna salah satu dari Petrus, Yohanes dan Yakobus, ternyata Petrus nantinya menjadi pemimpin para rasul.
- Yesus mendoakan murid-murid-Nya (Yoh 17:11)
- Yesus mengutamakan keselamatan jiwa lebih daripada kesehatan tubuh ( Mat 9:4-6)
- Tuhan Yesus rela diinterupsi karna belas kasih-Nya focus pada jiwa, bukan pada jadwal ( Mat 9:18-25)
- Yesus mengajar dengan cara menguji/ujian/test akan sikap hati murid-murid-Nya (Yoh 6:5)
- Yesus tidak menolak cara-cara kreatif/ cara-cara yang tidak lazim/ dianggap aneh pada jaman itu
Mat 9:11-13 Yesus memilih Matius si
pemungut cukai yang dianggap sampah masyarakat pada saat itu
Mat 12:1-8 Penafsiran Yesus tentang
hari sabat berbeda sekali dengan konsep jaman itu.
- METODE EMOSI
Yesus tidak segan-segan
memperlihatkan emosinya dalam mengajarkan sebuah kebenaran, ia tidak JAIM /
Jaga Image.
Ia pernah marah (Luk 19:46),
Ia pernah terharu saat melihat Maria
menangis atas kematian Lazarus, saudaranya, Mat 11: 33,
Ia mengajar dengan empaty/ belas
kasihan ( Mat 9:36, Mat 15: 32),
Ia bahkan menangisi Yerusalem Lukas
13: 34
- METODE ORANG
Yesus mengajar dengan cara
membiarkan Petrus meniru Dia, berjalan di atas air (Mat 14: 22-33)
Yesus mengajar dengan cara
berdiskusi/ tanya jawab ( Hal Berpuasa Mat 9: 14-17, Mat 15:13-20)
Yesus memakai anggota tubuh yaitu
rambut sebagai ilustrasi Mat 10: 29-31
Yesus memakai seorang anak kecil
sebagai alat peraga sungguhan Mat 18:2
Yesus memakai cara tanya jawab
/diskusi Matius 17:27
Yesus membangun keakraban dengan
Zakeus (Luk 19:5), Yesus menjelaskan bahwa Zakeus ini pun anak Abraham. Yesus
menjadikan Zakeus sebagai ‘model’ penerimaan-Nya atas pribadi berdosa yang mau
bertobat.
Yesus mengajar dengan penuh kuasa/
powerfull (Mat 7: 28)
Yesus mengajar dengan Marifat (Mat
9: 4)
Yesus mengajar dengan mengembalikan
pujian hanya bagi Allah ( Mat 9:8)
Yesus berkuasa mengusir setan ( Mat
9:32-33)
Luk 4:18 Yesus mendapat pengurapan
Yesus memberi porsi lebih pada
murid-murid-Nya lebih daripada orang banyak ( Mat 13: 10)
Gerak gerik Yesus saat Ia mengambil
roti, mengucap berkat serta memecah-mecahkannya, dikenali oleh dua orang yang
sedang berjalan ke Emaus (Luk 24: 30-31)
Yesus menyebut nama IstriLotuntuk
memberi gambaran atau ilustrasi dengan menggunakan orang Luk 17:32
- METODE TULISAN SASTRA / KARYA SENI TULIS
Yesus mengajar dengan cara PUISI
(Kotbah di Bukit Mat 5:3-12)
Yesus mengajar dengan CERPEN /
cerita pendek ( Anak yang hilang Luk 15:13)
Yesus mengajar dengan cara
mendiktekan sebuah karya tulis seni / NARASI DOA (Doa Bapa Kami Mat 6: 9-13)
Yesus mengutip PL, nubuatan nabi
Yesaya, yang berupa NARASI ( Mat 13:14-15)
Yesus menyebut-nyebut mengenai hukum
taurat (sebuah karya tulis) dan menjelaskan korelasinya dengan diri-Nya Mat 5:
17-48
- METODE GAMBAR
Yesus memakai gambar yang ada di
mata uang, untuk menjawab pertanyaan orang Farisi (Matius 22:20)
Logo Salib Ef 2: 16
- METODE VISUAL
Melihat Burung pipit Mat 10: 29-31,
untuk menjelaskan Perlindungan Tuhan atas hidup kita
Yesus mengajar dengan cara
pengamatan ( burung pipit, bunga bakung Mat 6: 26, 28-30, untuk
menjelaskan pemeliharaan-Nya atas hidup kita,
buah dan pohon Mat 12: 33-34,
Mat 16:1-4 untuk menjelaskan hubungan antara hati dan ucapan yang meluap dari
hati)
- METODE AUDIO VISUAL
Yesus mengajar dengan cara menunjukkan
secara langsung/terbuka (Matius 11:4-6 ), semua mujizat yang dilakukannya
secara AUDIO VISUAL
Yesus mengajar dengan cara dramatis
( saat Ia memperagakan sambil menunjuk kea rah murid-murid-Nya untuk
menjelaskan siapa sebenarnya yang dapat dikategorikan sebagai ibu dan
saudara-saudara-Nya. Mat 12:46-50)
Yesus menyapa Zakeus dengan ramah,
Yesus melihat Zakeus, Zakeus melihat Yesus, Zakeus melihat Yesus dari dekat,
saat Yesus makan di rumahnya (Luk 19:4-5)
Yesus memberi makan 5000 orang ( Mat
6: 30-44), dan semua mujizat lainnya
- METODE BENDA TIGA DIMENSI
Yesus mengajar dengan cara
eksperimen ( Pelita Mat 5: 15)
Yesus mengajar dengan menggunakan
alat peraga (Garam dan Terang Mat 5: 13-16, selumbar dan balok dalam mata dalam
topic : hal penghakiman Mat 7: 1-5,
Petrus memegang ikan dan uang logam
emas (Mat 17:27)
Yesus memberi makan 5000 orang ( Mat
6: 30-44) dengan melipatgandakan 5 roti dan 2 ikan.
Yesus memakai Jumbai pada kostumnya,
yang melambangkan hidup dalam kebenaran (Bil 15:38) dan karna Ia hidup dalam
kebenaran, hidup-Nya mengalirkan kuasa kesembuhan Luk 8:44, Mat 14: 36, Markus
6: 56
Yesus menyebut diri-Nya sebagai roti
dan air Yoh 6:35
Yesus menjelaskan siapa diri-Nya
pada perempuansamariadengan menyebut kata air , di mana air itu ada di lokasi
sumur itu. Yoh 4: 13-14
Roti dan anggur perjamuan kudus,
sebagai alat peraga untuk mengingat akan pengorbanan Yesus di kayu salib ( I
Kor 11: 23-25)
Yesus menyebut ‘batu-batu ini akan
berteriak’ Luk 19:40
- METODE BAHASA TUBUH
Yesus mengajar dengan cara dramatis
( saat Ia memperagakan sambil menunjuk kea rah murid-murid-Nya untuk
menjelaskan siapa sebenarnya yang dapat dikategorikan sebagai ibu dan
saudara-saudara-Nya. Mat 12:46-50)
Dia disalibkan ganti kita Efesus 2:
16
Yesus mengajak murid-murid-Nya TOUR
dari desa ke desa, darikotakekota, dengan olah raga utama : Gerak Jalan. Luk
13:22
- METODE AUDIO
Yesus mengajar dengan cara ceramah
(Yesus dan Hukum Taurat. Mat 5: 17-48)
Yesus mengajar dengan cara memberi
pesan praktis/ Juklak/ Petunjuk Pelaksanaan/ prosedur standart (Mat 10:5-15)
Yesus mengajar dengan cara mengajak
dua orang buta mengadakan pengakuan percaya/pengakuan iman / memeperkatakan
kalimat iman ( Mat 9: 28-30), saat itulah mereka yang buta itu diajak
membayangkan/ mengimajinasikan sebuah kesembuhan.
Yesus mengajarkan doa tiga dimensi,
percaya telah menerima (dapat membayangkan hasil jawaban doa- baru setelah itu
menerima dalam arti yang sesungguhnya) Markus 11: 24. Apa yang dipercayai ?
Janji-janji Tuhan/ audio, iman timbul dari pendengaran akan Firman-Nya (Roma
10:17)
Yesus mengajar dengan cara
menerangkan/memaparkan (Hal memberi sedekah, Hal Berdoa, Mat 6:1– 7:27,
kembalinya roh jahat Mat 12:43-45)
- METODE ILUSTRASI
Yesus mengajar dengan cara bercerita
ilustrasi /perumpamaan yang mengandung makna tertentu ( perumpamaan tentang
seorang penabur Mat 13: 1-9, perumpamaan lalang dan gandum Mat 13:36-43)
Yesus mengajar dengan cerita
ilustrasi yang menarik ( Anak yang hilang Luk 15:13)
Yesus mengajar dengan cerita
ilustrasi/perumpamaan yang mudah dimengerti dari kehidupan sehari-hari
(Mutiara pada babi Mat 7:6, bapa memberi roti pada anak Mat 7:7-11, pintu
. jalan yang sempit/ sesak Mat 7:12-13, pondasi rumah Mat 7:24-27, Mempelai,
dan anggur baru Mat 9: 14-17)
Yesus mengajar dengan cara
perbandingan (Mat 12:9-14, Mat 12:25-29, Mat 16:1-4)
Yesus menjelaskan siapa diri-Nya
pada perempuansamariadengan menyebut kata air Yoh 4: 13-14
- METODE SENTUHAN
Yesus menjamah orang kusta tanpa
segan-segan (Mat 8:3)
Yesus berkunjung / besuk ke rumah
IbuMertua Petrus,Iamenjamah tangan ibu mertua Petrus Mat 8: 14-16)
Petrus memegang ikan hasil
pancingannya untuk membayar pajak. (Mat 17:27)
Yesus mengajar dengan memberi
sentuhan (Mat 14:36)
- METODE EKSPRESI KASIH
(Luk 19:4-5), Yesus tanpa berkotbah
pun, dapat memenangkan Zakeus dan dapat membuat Zakeus bertobat- hanya dengan
cara menjadikan diri-Nya sendiri suatu ‘model’ wujud kasih, yang mau menerima
Zakeus apa adanya
- METODE MUSIK
Markus 14: 26 Yesus mengajak murid
murid menyanyikan Hymne/ nyanyian pujian, sebelum Ia menjalani proses Salib.
- METODE GAME / PERMAINAN
Yesus mengajak murid-murid-Nya TOUR
dari desa ke desa, darikotakekota, dengan olah raga utama : Gerak Jalan. Luk
13:22
Petrus disuruh-Nya memancing Mat
17:27.
Petrus diijinkan-Nya berjalan di
atas air Mat 14:31
Definisi Game sebenarnya adalah sesuatu
yang dilakukan / dikerjakan yang sangat menyenangkan . Murid-murid sangat
senang saat mereka pulang dari PKL mereka. (Luk 10:17-20) ‘game’ mereka adalah
pengalaman saat mengusir setan, dan setan-setan itu takluk pada mereka. Tetapi
Yesus menjelaskan bahwa ‘game’ yang sesungguhnya adalah kalau mereka terdaftar
sebagai bilangan orang yang diselamatkan. (itu hanya di dapat karna ‘karakter’
bukan karna karunia, bandingkan dengan Mat 7:21)
Yesus mengajak murid-murid makan
masakan-Nya Yohanes 21:1-14
Yesus memerintahkan murid- murid-Nya
menebarkan jala ke tempat yang lebih dalam (Luk 5: 4)
- METODE REKAM PERISTIWA
Yesus menggunakan rekam peristiwa
saat menyuruh si kusta menunjukkan diri pada imam sebagai bukti kesembuhan, dan
mempersembahakan persembahan yang diperintahkan Musa. Peristiwa ini sangat
momentumental bagi si kusta itu. Sebuah pengesahan akan kesembuhannya. (Mat
8:4)
Yesus mengajar dengan cara PKL
(Praktek Kerja Lapangan)/ mengutus/ meng-impartasikan kuasa-Nya pada murid-Nya
(Yesus mengutus murid-Nya berdua-dua Mrk 6: 12-13, Yesus mengutus 70 murid.
Lukas 10:17). Peristiwa PKL ini rupanya meninggalkan kesan mendalam di hati
para murid-Nya
Perjamuan malam terakhir Mat
26:26-29
Babtisan Yesus oleh Yohanes
Pembabtis Matius 3:13-17
Luk 8: 1-3, para prempuan-perempuan
yang tidak dapat melupakan karya Yesus dalam hidup mereka.
- METODE AROMA
Makan bersama Matius dan orang-orang
berdosa lainnya (Mat 9; 9-10)
Yesus memuji apa yang dilakukan
Maria dengan minyak harumnya yang sangat mahal harganya (Mat 26: 12)
Aroma ikan bakar yang dibakar Yesus,
juga roti bakar di tepi danau Tiberias saat Yesus menampakkan diri pada
murid-murid-Nya Yohanes 21: 1-14
Aroma anggur perjamuan kudus,
mengingatkan kita akan darah-Nya yang dicurahkan buat kita ( I Kor 11: 25)
Perjamuan malam terakhir Mat
26:26-29
- METODE RASA
Makan bersama Matius dan orang-orang
berdosa lainnya (Mat 9; 9-10)
Yesus memakai rasa garam yang asin
sebagai ilustrasi Mat 5: 13
Yesus menyebut diri-Nya sebagai Roti
hidup Yoh 6: 35
Yesus makan ikan bakar dan roti
bakar bersama dengan murid-murid-Nya setelah Ia bangkit (Yohanes 21: 1-14)
Perjamuan Kudus diperintahkan oleh
Yesus
Roti perjamuan kudus, mengingatkan
kita akan tubuh-Nya yang telah diserahkan-Nya bagi kita ( I Kor 11: 25)
Perjamuan malam terakhir Mat
26:26-29
19. METODE BINATANG
Yesus menunggang keledai beban muda,
untuk menunjukkan diri-Nya sebagai Raja yang rendah hati. Matius 21:2
Yesus menangisi Yerusalem dan
menggambarkan diri-Nya sebagai induk ayam yang berusaha mengumpulkan
anak-anak-Nya di bawah sayab-Nya tetapi Yerusalem menolak-Nya. Lukas 13: 34
20. METODE INTONASI
Pada saat Yesus mengajar, tidak
selalu ia mengajar dengan intonasi biasa-biasa saja, melinkan ia mengajar
dengan intonasi puisi, narasi doa, dll (Kotbah di Bukit Mat 5:3-12, Doa Bapa
Kami Mat 6: 9-13
21.METODE TUMBUHAN
Pada saat Yesus mengajar, Ia
menggunakan tumbuhan juga sebagai BAHASA GAMBAR, contohnya, saat Ia mengutuk
pohon ara yang tidak berbuah, Mat 21: 20, Ia menggambarkan diri-Nya dengan kita
sebagai pokok anggur dengan ranting-rantingnya Yoh 15:1,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar